name='rating'/> Manfaat Terapi HBOT pada Puasa bagi Kesehatan
Oleh : Dr. dr. Hisnindarsyah SE M.Kes MH. C.FEM Kolonel Laut ( K).        
    
Prinsip umum terapi oksigen hiperbarik adalah meningkatkan jumlah oksigen yang langsung masuk ke dalam plasma dan jaringan. Sehingga akan menambah energi berupa cadangan ATP saat glukosa darah digunakan dan diubah menjadi energi ,saat berpuasa. 

Saat berpuasa, maka tubuh membutuhkan asupan energi yang diambil langsung dari jaringan. Sehingga jaringan yang kaya oksigenasi akan memnggunakan mekanism aerobnya, untuk mengimbangi mekanisme anaerob yang mengambil aTP langsung dari plasma darah atau jaringan.

Oleh karena itu kegunaan HBOT saat berpuasa adalah  

1. Menyehatkan jantung

Dari sebuah penelitian menyatakan bahwa berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Bahkan beberapa riset lain menyatakan berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.

Seperti diketahui, tekanan darah, kolesterol, diabetes adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Sedangkan Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh penjuru dunia.

Terapi oksigen hiperbarik akan membuat kontraksi jantung berkurang, vaskuler berdilatasi namun volume oksigen yang mengalir dalam jaringan tubuh tetap. Sehingga energi pada orang yang berpuasa dengan terapi HBOT, tidak berubah. 

2. Menurunkan berat badan tanpa mudah lelah 

Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan kalori cukup sehingga berat badan akan turun. Selain itu, kadar lemak secara bertahap dapat menurun karena diambil melalui proses anaerob. 

Akibatnya puasa dapat menjadi cara menurunkan berat badan. Namun puasa tanpa diimbangi dengan TOHB, akan membuat tubuh mudah lelah karena mengmbil sebagian cadangan energi termasuk ATP di otot. 

Namun dengan TOHB, maka penurunan berat badan ini disertai kualitas hidup yang lebih baik. Mengapa? karena oksigen yang berada di jaringan meningkat. Akibatnya, aktivitas tetap dapat berlangsung normal meskipun asupan kalori menurun.  

3. Menurunkan tekanan darah

Selama menjalankan puasa, tidak sedikit orang yang mengalami penurunan tekanan darah. 
Ketika berpuasa, asupan garam secara signifikan lebih rendah dan kehilangan garam meningkat melalui urine.
Sekresi hormon adrenalin dan nonadrenalin juga berkurang, hal ini membantu menjaga laju metabolisme tetap stabil sehingga mengontrol tekanan darah tinggi.

Menurut penelitian National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada 2017 menyatakan puasa selama tiga minggu bagi orang dewasa yang mengalami kegemukan, secara signifikan menurunkan tekanan darah.
Selain itu, kadar trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol LDL turut menurun. 
Akibatnya puasa dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis yang menyumbat arteri oleh partikel-partikel lemak.

Sedangkan Terapi oksigen hiperbarik menjaga kualitas vaskuler yang mengalami dilatasi karena stress yang dipicu oleh hormon bradikinin, prostaglandin, histamin sehingga vaskuler menjadi lebih rileks. Akibatnya kerja vaskuler melambat, denyut nadi merendah, tekanan darah menurun. Namun ketercukupan oksigen jaringan, terjaga. 

4. Menurunkan gula darah

Manfaat kombinasi puasa dan terapi oksigen hiperbarik dapat menurunkan kadar gula darah. Melakukan puasa dalam beberapa hari bisa menurunkan hingga sebanyak 30 persen kadar gula darah dalam tubuh.

Hal ini merupakan hasil yang signifikan bagi siapa pun yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.
Pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat orang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.
Berkurangnya resistensi insulin, menyebabkan sensitivitas tubuh terhadap insulin akan meningkat. Dengan oksigen yang langsung masuk jaringan menyebabkan glukosa dari aliran darah berpindah ke sel tubuh lebih efisien
Akibatnya an saat berpuasa gula darah cenderung menurun. Namun energi tubuh tercukupi karena sel jaringan terpenuhi oleh oksigen. Kombinasi terapi H BOT dan puasa dapat berguna bagi orang yang mengalami penyakit diabetes.

5. Memacu respons stres dengan sehat

Ternyata puasa dan HBOT dapat menimbulkan stress, namun stress memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Terutama jika tubuh mampu melakukan adaptasi.

Hal ini akan memberikan sedikit tantangan untuk tubuhmu menjadi lebih kuat. Inilah yang disebut mekanisme adaptasi.

Stres pendek pada otak juga memberikan hasil yang serupa.
Stres ini menyebabkan serangkaian tindakan berupa respon imun seluler yang melindungi neuron dari kerusakan hingga mencegah kematian.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa disertai dengan terapi oksigen hiperbarik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Karena ketika berpuasa mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi/ kontrol peradangan dalam tubuh. Namun meskipun bisa membuat agresitivitas sel kanker. Oleh karena itu saat puasa juga dianjurkan istirahat yang cukup , agar menurunkan potensi merusak dari free radical. 

7. Memperbaiki suasana hati

Saat berpuasa, hormon endorfin akan meningkat. Dan terapi HBOT mampu meningkatkan jumlah hormon endorpin sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

Saat tubuh memiliki lebih banyak hormon endorfin, maka perasaan lebih nyaman dan lebih bahagia.
Dengan hormon endorfin yang lebih banyak,akan terbentuk kualitas kesehatan mental lebih baik.

8. Meningkatkan kesehatan otak

Puasa yang disertai dengan kesediaan oksigen yang cukup melalui TOHB dapat meningkatkan kesehatan otak. Beberapa studi menunjukkan bahwa ketika berpuasa, otak akan terlindungi dan meningkatkan pembentukan sel saraf untuk meningkatkan fungsi kognitif.

Secara spesifik, terapi oksigen hiperbarik saat puasa dapat membantu mekanisme perlindungan di otak.

9. Mencegah peradangan

Puasa dapat membantu mengobati penyakit radang dan alergi. Sedangkan terapi Oksigen hiperbarik dapat memperkuat imunitas tubuh dalam menghadapi peradangan.

Peradangan yang terus berlanjut akan berujung timbulnya berbagai penyakit. Namun apabila puasa disertai ketersediaan oksigen yang cukup maka akan dapat meningkatkan penyembuhan beberapa problem pencernaan karena radang seperti kolitis ulserativa. Dan HBOT adalah salah satu supporting untuk menyelesaikan problem radang seperti hal tersebut.

Jadi kalau ada pertanyaan , bolehkah terapi HBOT saat berpuasa? Jawabnya tidak boleh, jika saat terapi hbot, ngemil kacang rebus 😄🙏😄

Selamat melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadhan 1443H/ minggu 03.04.2022

Hisnindarsyah- praktisi dan penikmat ilmu hiperbarik dan Kuliner 😄😄🙏🙏❤👍



0Comments

Previous Post Next Post