name='rating'/> Pentingnya aktivitas setelah sholat subuh
Hisnindarsyah dokterGeJe

Inilah yang terjadi pada tubuh kita sehabis subuh hingga matahari terbit. 

Bila kita tidur sehabis subuh, pembuluh darah ke otak cenderung menyempit. 
Ini mengakibatkan aliran darah ke organ tubuh berkurang. Sel-sel trombosit dalam pembuluh darah mengumpul, dan menggumpal menjadi trombus. 
Trombus menyebabkan gangguan serebroveskuler yang relatif tetap, yaitu gangguan penyempitan pembuluh darah di otak dan jantung manusia. 

Kalau  membiasakan diri tidur sehabis subuh, maka secara tidak disadari kita sedang membuat pembuluh darah mengalami proses penyempitan( vasokontriksi) .

Untuk orangyang sudah bermasalah pembuluh darahnya, maka tidur pagi dapat menghadirkan horor. Karena dapat mengalami serangan jantung dan terkena stroke.

Seperti yang aku alami tahun 2017, setelah selesai sholat subuh, aku ingin baring sejenak. Lalu tiba2 keram di punggung, nyeri dada. Dan terjadi heart attack( baca: aku dan setengah kematianku, goggling).

Ada suatu zat yang dapat mencegah terbentuknya trombus dan melebarkan pembuluh darah, yaitu nitrit oksida (NO). 

Zat ini hanya aktif bila tubuh bergerak. 
Berjalan ke masjid, ruku’, sujud, berjalan-jalan kaki sehabis subuh, membereskan barang di rumah, dapat meningkatkan aktivitas nitrit oksida. 

Saat nitrit oksida eksis, pasokan oksigen ke otak lancar dan pembuluh darah otak melebar. Hasilnya pikiran jadi terang, jernih, dan berfungsi penuh.

Hal sebaliknya, bila manusia tidur, maka nitrit oksida tidak diproduksi. Akibatnya, oksigen ke otak tidak mengalir lancar dan pembuluh darah ke otak menyempit. 

Akibatnya, lama kelamaan otak menjadi bebal. Otak menjadi bebal berarti ada proses yang melemahkan kemampuan berpikir kita. 

Kemampuan mengingat berkurang (termasuk hafalan, pengetahuan umum maupun khusus, dsb), kemampuan menganalisis menumpul, kemampuan memecahkan masalah terhambat, kemampuan berpikir kreatif turun. 

Dampak lainnya adalah jantung menjadi lemah.
Bisa jadi awalnya seseorang dalam keadaan sehat-sehat saja. Namun, kebiasaan tidur sehabis subuh jelas tidak baik untuk otak dan jantungnya.

Ada yang spesial saat manusia bergerak di waktu subuh, terutama saat kita shalat. 

Ketika seseorang sedang shalat, tubuh bergerak dan aktif dengan kualitas yang meningkat. 
Ketika shalat yang dijalankan seseorang sangat khusyuk (tertuju ke satu titik atau mindful), maka pergerakan itu  minimal mengantarkan otak manusia berada gelombang Alfa. 

Apabila semakin meningkat kualitas atau kekhusyukannya ketika ada di gelombang Teta dan terus meningkat mencapai puncak kekhusyukan saat otak berada di gelombang Delta. 

Bahkan kondisi ini mampu membangun “Keseimbangan Kimiawi Tubuh” atau homeostasis tubuh yang sangat dibutuhkan manusia.   Wallahu a’lam.

Agni Hyperbaric Center 05.09.2021
Bersama penggemar rebahan, penikmat oksigen oven tangkring, penghobby makan segala kecuali makan sesama dan makan hati. 
Always bersyukur dan hepi hadapi pandemi

#taatprokes5M #ayoVaksin
#KHI






0Comments

Previous Post Next Post