name='rating'/> Manfaat Minum Propolis Setiap Hari

Selain memproduksi madu, ternyata lebah juga memproduksi zat yang lain yaitu propolis, Apa itu propolis ? propolis adalah air liur lebah yang diambil dari getah pohon atau tumbuhan berdaun jarum, propolis digunakan oleh lebah untuk membangun sarangnya , propolis adalah zat semacam lilin yang berfungsi untuk menutupi celah-celah dari sarang lebah sehingga sarang lebah lebih kokoh dan mampu menghentikan perkembangan virus , bakteri dan jamur yang ada pada sarang lebah.

Propolis adalah pengobatan yang sudah digunakan pada peradaban kuno.


Beberapa peradaban kuno seperti mesir , maupun yunani sudah sering menggunakan propolis ini sebagai pengobatan alami , asal kata propolis berasal dari peradaban yunani kuno , propolis terdiri dari dua kata yaitu “pro dan polis”, pro artinya pertahanan sedangkan polis artinya kota, maksudnya secara umum propolis adalah pertahanan kota , kota yang dimaksud disini adalah sarang lebah tempat dimana lebah hidup. 

Lebah menggunakan propolis untuk menjaga sarangnya dari gangguan-gangguan seperti binatang-binatang kecil , virus, bakteri , maupun jamur, karena hal itulah bangsa yunani kuno percaya bahwa propolis memilki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan manusia.

Bangsa yunani kuno memanfaatkan propolis ini untuk mengobati luka bengkak yang bernanah dikulit sedangkan  bangsa asiria memanfaatkan propolis ini untuk mengoleskan pada luka atau tumor bahkan kanker yang dapat melawan indeksi dan mempercepat proses penyembuhan dan bangsa mesir menggunakan untuk mengawetkan mumi.

Pada abad keemasan islam  ibnu sina juga menggunakan propolis untuk pengobatan disamping madu , propolis menurut ibnu sina dapat diklasifikasi dalam beberapa kelas yaitu : kelas A berwarna hitam pekat, kelas B memilki warna abu-abu dan kelas C berwarna cokelat tua, kelas D berwarna cokelat kekuningan sedangkan kelas E berwarna cokelat lengket. 

Manfaat Mengkonsumsi Propolis Setiap hari


Khasiat madu dan propolis juga di jelaskan di dalam Alqur’an surah An-Nahl ayat 69 yang artinya :

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam)buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya , didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (Kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”.

Nah apa manfaat jika minum propolis ini ? 
• Propolis mampu mencegah penyakit      yang berbahaya

•Dapat meningkatkan stamina karena propolis juga digunakan sebagai minuman kesehatan 

•Mengatasi gangguan pencernaan , propolis mampu mengatasi gangguan seperti bisul atau bakteri gastroentritis yang menyebabkan infeksi pada usus.

•Propolis mampu mencegah iritasi dan jamur di dalam tubuh

•Propolis membantu penyembuhan luka

•Dan juga propolis mampu mengontrol kadar gula dalam darah

Jenis Propolis  yang termasuk Propolis dengan Klasifikasi Tinggi


Propolis memiliki senyawa khusus yang disebut pinocembrin, yakni senyawa bioaktif yang berperan sebagai antijamur. Propolis juga memiliki sifat antiflamasi dan antimikroba sehingga sangat efektif untuk penyembuhan luka.

Propolis juga memilki kandungan Caffeic (CAPE), Artepillin C, Kaempferol, dan galangin yang dapat menghilangkan parasit penyebab penyakit, propolis juga memilki herstat atau coldsore-FX yang mampu mengurangi gejala pada herpes mulut dan luka akibat herpes genital .

Selain itu propolis juga memiliki kandungan flavonoid atau Bioflavonoid merupakan zat antioksidan yang berfungsi untuk mendegradasi radikal bebas yang berasal dari polusi udara, zat kimia pada makanan maupun kebutuhan sehari-hari , bioflavanoid dapat bekerja menangkal radikal bebas dalam tubuh setara dengan 500 buah jerak wow, admin menyarankan sih ada satu proprolis yang memiliki kandung flavonoid ini lebih besar apa itu , BRITISH PROPOLIS karena propolis satu ini memilki kandungan flavonoid 14 kali lebih tinggi dibandingkan propolis lain , nah adapun manfaatnya sbb:

•Membunuh dan menghambat penyebab kerusakan protein dalam tubuh

•Meningkatkan kekebalan tubuh dari virus , bakteri, jamur , dan radikal bebas

•Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak

•Melindungi sel agar tahan terhadap penyakit

•Super Antioksidan

•Meningkatkan stamina dan pemulihan kesehatan

Wah banyak sekali kan nah maka dari itu sebaiknya kita mengkonsumsi propolis karena mampu mencegah kita dari serangan virus, bakteri dan berbagai macam penyakit, ingat mencegah lebih baik dari mengobati . salam sehat.

By Admin 

0Comments

Previous Post Next Post