name='rating'/> Macam-Macam Kelainan Tulang yang Wajib Diwaspadai!

Seperti yang kita tahu, ada macam-macam kelainan tulang yang dapat menyerang. Kelainan tulang ini dapat terjadi karena berbagai macam faktor.

Misalnya saja, karena kegemukan, olahraga yang terlalu berlebihan, trauma, faktor usia, hingga genetik. Kelainan tulang tentu saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Terutama sulitnya melakukan segala aktivitas secara normal hingga kehilangan kemampuan tubuh kita untuk bergerak. Maka dari itulah, untuk dapat menghindarinya kita harus menjaga pola hidup yang sehat.

Macam-Macam Kelainan Tulang

Kelainan tulang ini dapat terjadi pada siapa saja. Baik itu laki-laki, perempuan, anak-anak, hingga orang lanjut usia.

Bahkan seorang anggota tentara saja yang notabenenya selalu menjaga kesehatan dan stamina mereka sangat mungkin untuk menderita kelainan atau penyakit tulang. 

Ditambah lagi dengan segala aktivitas fisik mereka, membuat semakin rentan untuk mengalami masalah pada bagian tulangnya.
Berikut ini merupakan beberapa kelainan tulang yang wajib anda tahu dan perlu untuk selalu diwaspadai.

Osteoporosis

Salah satu macam-macam kelainan tulang adalah osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi pembentukan jaringan tulang baru, akan tetapi tidak bisa mengimbangi penghancuran jaringan tulang lama yang sudah mengalami kerusakan.

Kondisi ini akan membuat tulang menjadi rapuh dan lemah. Beberapa bagian tulang yang rentan terhadap kerusakan ini adalah tulang belakang, pinggul, dan pergelangan tangan.

Sebenarnya, kelainan tulang yang satu ini sering kali dialami oleh lansia maupun wanita. Penyebab dari osteoporosis ini adalah kekurangan kalsium.

Selain itu, juga disebabkan karena gangguan hormon hingga penggunaan kortikosteroid dalam waktu yang lama. Penting untuk selalu kita perhatikan bahwa osteoporosis ini umumnya tidak memperlihatkan gejala pada tahap awal.

Akan tetapi, semakin beratnya kerusakan tulang tersebut, maka penderita osteoporosis dapat menimbulkan gejala seperti nyeri tulang maupun punggung. Selain itu, juga dapat menimbulkan gejala perubahan pada postur tubuh, tulang yang mudah patah, hingga tinggi badan yang mulai berkurang.

Osteoartritis

Osteoartritis adalah salah satu dari macam-macam kelainan tulang. Kelainan ini merupakan gangguan pada bagian tulang yang sudah sangat sering terjadi.

Kondisi ini timbul saat pelindung yang ada pada ujung tulang mengalami penipisan. Sehingga, membuat kedua tulang bergesekan satu dengan yang lainnya tanpa adanya bantalan.

Osteoartritis ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, juga dapat menimbulkan pembengkakan sendi.
Jika tidak segera mendapatkan pengobatan, kelainan tulang ini akan semakin parah dan mengubah bentuk sendi. Tulang akan menjadi lebih berisiko untuk patah.

Skoliosis

Berbicara soal macam-macam kelainan tulang, maka kita akan menjumpai skoliosis ini. Skoliosis merupakan kondisi yang mana tulang bisa melengkung ke arah samping.

Selain itu, skoliosis ini juga merupakan kelainan tulang yang dapat menyerang siapa saja. Kondisi tulang semacam ini juga tidak mengenal usia.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat mengalami kelainan tulang ini. Umumnya, skoliosis ini paling banyak terjadi pada anak-anak berusia 10 hingga 15 tahun.

Sayangnya, penyebab pasti dari kelainan tulang ini masih belum dapat diketahui. Namun, salah satu penyebabnya adalah faktor genetik yang dapat meningkatkan risiko terserang kelainan tulang ini.

Terdapat jenis skoliosis yang masih kurang umum, bisa disebabkan karena kondisi neuromuskuler. Misalnya saja seperti cerebral palsy atau distrofi otot.

Bisa juga karena cacat lahir yang memberikan pengaruh pada kondisi tulang belakang. Selain itu, juga dapat disebabkan karena cedera ataupun infeksi pada tulang belakang.

Rheumatoid Arthritis atau Rematik

Rheumatoid arthritis atau rematik ini juga dapat kita kategorikan sebagai salah satu macam-macam kelainan tulang. Kelainan tulang yang satu ini juga dapat kita sebut sebagai penyakit autoimun.

Penyakit autoimun ini merupakan kondisi dimana sistem imun yang seharusnya memberikan perlindungan pada tubuh dari penyakit, justru menyerang sel sehat pada tulang. Sehingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Selain itu, kondisi semacam ini juga dapat menyebabkan persendian yang mengalami pembengkakan. Ketika penderita mengalami gangguan kesehatan tulang ini dapat menderita penyakit demam.

Kemudian tubuh akan merasa lemas, dan selalu merasa lelah. Gejala dari penyakit rematik ini dapat diredakan dengan memberikan berbagai macam obat-obatan. Namun terdapat beberapa kasus yang harus sembuh dengan menjalankan operasi.

Osteonecrosis

Osteonecrosis merupakan kondisi jaringan tulang yang mati. Kondisi tersebut, terjadi ketika tulang kehilangan suplai darah.
Tanpa adanya suplai darah, jaringan tulang akan mati dan juga akan menimbulkan kerusakan. Dalam kondisi normal, ketika terdapat jaringan tulang yang rusak, tubuh akan membuat jaringan baru. 

Jaringan baru ini akan berperan sebagai pengganti. Akan tetapi, terdapat beberapa kasus yang mengalami osteonecrosis, ini mengalami kerusakan sel lebih cepat daripada pembentukan tulang baru.

Macam-macam kelainan tulang ini sangat penting untuk kita waspadai. Apabila sudah timbul gejala, maka segera lakukan pengobatan sebagai upaya untuk mengatasi kelainan tulang tersebut.


0Comments

Previous Post Next Post