name='rating'/> Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus, Hati-hati Jangan Disepelekan!

Penyebab sakit kepala terus menerus perlu anda ketahui agar tahu langkah apa yang harus anda ambil nantinya. Sakit kepala memang kelelahan yang sangat umum terjadi. Namun sakit kepala berkepanjangan bisa mengindikasikan penyakit serius.

Rata-rata penderita berpikir sakit kepala tidak berbahaya dan malah menganggapnya sepele. Mereka hanya menduga-duga penyebabnya lantas tidak mempunyai alasan untuk memeriksanya ke dokter.

Yang kemudian hanya dengan mengonsumsi obat sebagai pereda rasa sakit. Akan tetapi, penderita tidak mengetahui dan menduga bila gejala tersebut terjadi karena penyebab lebih serius.

Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Rasa sakit pada bagian kepala yang terjadi terus-terusan tentunya akan sangat mengganggu. Nyeri kepala yang berkepanjangan bisa juga kita sebut dengan sakit kepala kronis.

Kondisi tersebut dapat kita tandai dengan rasa sakit yang berlangsung selama 15 menit dalam satu bulan. Yang mana terjadi selama tiga bulan berturut-turut.

Sakit kepala memiliki dua jenis, yaitu sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer merupakan jenis sakit kepala murni yang tidak dipicu oleh penyakit lain. 

Sementara sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang terpicu akibat adanya penyakit lain.

Bila rasa sakit tersebut muncul secara terus menerus perlu anda waspadai. Ketahui segera apa penyebab sakit kepala terus menerus, seperti beberapa faktor berikut ini.

1. Migrain

Sakit kepala akibat migrain dengan ciri rasa sakit yang berdenyut. Gejala ini dapat berupa sakit pada satu maupun kedua sisi kepala. Kondisi ini dapat mengakibatkan rasa sakit yang luar biasanya pada sisi kepala yang terkena migrain.

Lama gejala ini bisa berlangsung beberapa jam, beberapa hari, hingga beberapa minggu. Pemicu migrain pun cukup beragam, misalnya perubahan hormon wanita, kurang tidur, dan konsumsi makanan tertentu, sehingga telat makan.

Penderita biasanya juga akan merasakan nyeri kepala seperti terikat. Selain itu, penderita migrain akan merasakan berbagai keluhan lainnya, seperti pandangan yang terlihat kabur serta kepala terus berdenyut.

2. Meningitis

Penyebab sakit kepala terus menerus karena meningitis, yang merupakan kondisi infeksi pada selaput otak. Meningitis ini bisa terjadi karena serangan bakteri maupun virus. Pada seseorang yang menderita penyakit ini akan mengeluhkan sakit kepala hebat.

Penderita meningitis juga akan merasakan mual dan muntah. Bahkan bila infeksi sudah berlanjut dapat menyebabkan penurunan kesadaran pada penderita meningitis.

3. Hemicrania Continua

Rasa nyeri pada salah satu sisi kepala yang terjadi setiap hari menjadi tanda kondisi ini. Yang mana rasa sakit juga akan terasa terus menerus dengan intensitas naik turun.

Ketika penderita merasakan gejala ini bisanya juga terjadi mata merah dan berair pada salah satu sisi kepala yang sakit. Selain itu, juga terjadi hidung berair dan tersumbat, menurunnya kelopak mata, serta pembesaran pupil mata yang menyertainya.

4. Sakit Kepala Akibat Tekanan Dalam 
Rongga Kepala

Penyebab sakit kepala terus menerus dengan kondisi seperti ini dapat terpicu karena adanya tumor otak, kista, atau volume cairan otak yang meningkat. 

Sehingga hal tersebut menjadikan tekanan pada kepala ikut meningkat.
Gejala yang dapat timbul bisa berupa sakit kepala dan muncul secara tiba-tiba. Kemudian dengan gangguan saraf lain seperti muntah yang ikut menyertainya.

5. Sakit Kepala Servikogenik

Servikogenik merupakan nyeri kepala yang bersumber pada gangguan yang terjadi pada area leher. Gangguan ini bisa berupa cedera pada tulang belakang leher, tumor atau infeksi pada leher, hingga radang sendi.

Hal tersebut dapat terjadi karena kesalahan dalam posisi tidur. Selama penyebab asalnya berupa kelainan pada leher, bila tidak anda obati sakit kepala tidak akan menghilang.

6. Stroke

Penyakit stroke terjadi karena adanya gangguan pada aliran darah yang membawa oksigen serta nutrisi ke otak. Sakit kepala akibat stroke bisa berupa pendarahan. Yang mana pembuluh darah pecah dan menyebabkan darah mengisi ruang dalam tengkorak.

Sehingga hal tersebut dapat menjadi penyebab sakit kepala terus menerus pada penderita stroke. Keluhan lain yang akan pasien rasakan seperti kelemahan pada bagian tubuh serta penurunan kesadaran.

7. Tumor Otak

Nyeri kepala yang terjadi selama terus menerus, namun tidak mirip migrain bisa mengindikasikan penyakit tumor otak. Sakit kepala ini akan lebih terasa ketika pertama kali bangun pagi.

Biasanya pasien juga akan muntah atau gejala neurologis baru yang menyertainya. Rasa sakit juga akan semakin parah ketika berolahraga, batuk, atau bahkan hanya sekedar mengubah posisi.

Gejala sakit kepala ini tidak akan menghilang jika hanya mengkonsumsi obat-obatan yang terjual bebas. Ada baiknya bila anda segera mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

8. Abses Otak

Sakit kepala yang terjadi bisa karena adanya abses otak, yaitu adanya kumpulan nanah dalam otak. Hal tersebut terjadi akibat adanya infeksi pada dalam otak. Penderita biasanya akan mengeluhkan sakit kepala, demam, hingga penurunan kesadaran.

Penyebab sakit kepala terus menerus yang anda rasakan bisa jadi karena beberapa hal diatas. Agar anda mengetahui penyebab pasti nyeri kepala yang anda rasakan, lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter.

0Comments

Previous Post Next Post