name='rating'/> Nanggala, perjuanganmu belum berakhir, teruskan!
Detik jarum terus berjalan. Bergerak tak terhentikan. Tigapuluh delapan jam telah berlalu.  Dari tujuh puluh dua jam waktu yang tersedia untukmu , bertahan. Namun belum juga terdengar kabar, keberadaan dirimu.  Sejak tanda awal sekaligus akhir kau bunyikan. Pada tanggal  21 April 2021 pukul 03.00 WIB. Dini hari itu. Awal tragedi keberanian dan kepahlawanan. 

Begitu beraneka spekulasi tersiar. 

Pada sore di hari yang sama, ada yang mengabarkan :  kapal telah ditemukan. Banyak orang bersyukur dan lega. Termasuk diriku dan kami semua. Karena bayangan yang dialami ke-53  ABK Nanggala , terus terlintas dipikiran pimpinan dan seluruh bangsa. Terutama soal keselamatan. 
Mengapa?  Karena tentang kapal hilang atau tenggelam,  hanya persoalan.material. Masih bisa diproduksi lagi. Sedangkan nyawa dan jiwa manusia, tak bisa dibeli. Sehingga safety menjadi inti operasi ini.

Ternyata informasi  tersebut kurang tepat. Yang ditemukan baru sebatas koordinat posisi kapal. Itupun belum pasti.  Hanya itu. Lalu  balik lagi pada pertanyaan,  bagaimana nasib awaknya?

Kemarin, tanggal 22 April, pukul 09.55, ada berita: Puspen TNI belum dapat memastikan penemuan (lokasi) KRI Nanggala nomor lambung 402. Artinya, berita ini mementahkan kabar sebelumnya. Posisi kapal masih berada dalam kotak pandora. 
Misteri dalam keprihatinan dan sunyi. 

Kemudian tersiar kabar,  Panglima TNI mengijinkan kapal penyelamat dari Singapura dan Australia membantu.  Untuk menemukan lokasi kapal. Artinya sampai kini, lokasi Nanggala masih belum diketahui. Hanya kubangan solar yang muncul dipermukaan sebagai penanda. Entah karena apa? Entah tujuannya apa?
 Lagi lagi, Nanggala masih dalam kotak pandora. 

Membaca dari pengalaman sebelumnya, aku tidak bisa menghilangkan kecemasanku
Sejak berita lost contact 402, ada rasa sesak dalam dadaku. 

Berdasarkan sejarah di masa lalu,  jika  ada kapal selam hilang , dengan berat hati aku katakan, selalu berakhir dengan duka. 
Tanpa bermaksud menghilangkan optimisme dan semangat untuk berusaha. Disertai  keyakinan bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan.  Manakala Alloh Subhanahuwataala  berkehendak " Kun Fayakun". Mukjizat pun terjadilah. 
Namun bagi Nanggala 402,  sementara hal itu masih perlu diikhtiarkan. Sabar wahai hati. 

Kisah tenggelamnya kapal selam memang bukan hal yang baru. Aku mencoba membuka beberapa  catatan. 

Kecelakaan  kapal selam pertama dialami oleh Angkatan Laut Argentina : Kapal Selam San Juan. Tanggal 15 November 1917 pukul 07.30, Kapal San Juan mengalami masalah pada baterei lalu blackout. Akhirnya sulit dikendalikan dan lost contact. Hilang. 
Kapal tersebut diduga berada di dekat palung laut. Berminggu-minggu pencaharian dilakukan. Namun tak juga ditemukan. Akhirnya, setahun kemudian, lokasi baru didapatkan. Berkat info kapal selam Amerika. Dan Ke-44 awaknya gugur dengan keberanian dalam tugas.

Ada kisah lainnya.  Kapal selam hilang justru terjadi tepat di depan ‘hidung’ kapal penyelamatnya. Kapal yang seharusnya,  memang disediakan sebagai bantuan bila kondisi darurat muncul. Justru menjadi saksi mata hilangnya USS Thresher. Pada tanggal
10 April 1963.

USS. Thresher (USS: United States Ship) adalah kapal selam bertenaga nuklir. Kapal masih  "gres",   Baru dua tahun keluar galangan. Dan saat itu paling  tercanggih di kelasnya. 

Hari itu  USS Thresher direncanakan  melakukan tes penyelaman dalam, hingga mencapai 1.000 feet atau sekitar 305 m di bawah air. Lokasinya  sekitar 350 km  sebelah timur kota Boston, Massachusetts.

Dan  Kapal 'Buddy'nya, untuk status kedaruratan adalah USS Skylark. Kapal Selam dengan 129 ABK  didampingi USS Skylark. Tugasnya  bertindak sebagai kapal penyelamat, bila terjadi kedaruratan.  
Setelah melalui prosedur ketat, USS Thresher pun mulai melakukan penyelaman.

Sesuai kesepakatan, setiap menyelam sedalam 100 feet (30 meter), USS Thresher akan memberi tanda pada Skylark. Semula semua berjalan lancar: 100-200-300 feet terlampaui. Sampai akhirnya di kedalaman 900 feet( 274, 32 meter) , kapten kapal  USS Thresher melaporkan ada masalah serius. Setelah itu mendadak laporan terputus. USS THRESER hilang kontak.  

Angkatan Laut Amerika pun, langsung   melakukan pencarian besar-besaran. 
Hasilnya? Baru dua setengah bulan kemudian ( 25 Juni 1963),  posisi kapal diketahui. Dalam keadaan  luluh lantak.😢😢😢

Setelah dilakukan penyelaman disimpulkan, penyebab kecelakaan kapal selam  itu karena ada pengelasan badan kapal yang tak sempurna. Dan dalam tekanan ribuan ton di kedalaman laut, retak sangat kecil dan kebocoran satu saja( seujung jarum) , dapat menjadi sumber  petaka. Sederhananya  mirip balon udara di dalam air, lalu ditusuk jarum. Dari mengembang, mendadak mengempis. 

Perancis juga pernah mengalami kecelakaan kapal selam. Kapal Selam Surcouf membawa lebih banyak awak yaitu 130 orang. Dan hilang di tanggal 18-19 Februari 1942. 

Dan yang paling legendaris  adalah kapal selam  Kursk (kapal selam nuklir ) milik Rusia. Yang  tenggelam beserta 118 ABK pada tahun 2000.

Bagaimana sesungguhnya cara menolong kapal selam  yang mengalami kecelakaan? Seberapa besar tingkat kesulitannya?

Jawabanya:  sangat 'luarbiasa' sulit. 

Mengevakuasi dengan mengirim penyelam sangat beresiko dan berbahaya. Di kedalaman 100 meter saja,  tak banyak penyelam yang mampu menahan kuatnya tekanan air. Apalagi, jika posisi kapal ternyata lebih dalam lagi dari 100 meter. 

Tehnis lain adalah dengan mengirim  kapal selam lain untuk menolong. Namanya submarine rescue: kapal selam penyelamat. Kapal penyelamat itu akan menempelkan badannya ke kapal yang tenggelam.  Lalu memindahkan ABK nya melalui pintu yang tekanannya diatur dengan tekanan udara normal. 

Namun ini juga sangat sulit dan sangat berisiko.

Pertama, kapal penolong berupa kapal selam kecil atau kapal selam rescue bisa dikirimkan. Namun  harus tahu pasti dimana posisi awak yang akan ditolong. Mengetahui posisi  pintu darurat. Dan menepatkan pintu evakuasi dengan pintu daruratnya. 
Kedua, arus di laut dalam sangat kuat.  Sehingga dapat membenturkan kapal yang satu dengan yang lain. Sehingga berpotensi merusak kapal selam rescue. 
Ketiga,  pertolongan pun harus dilakukan dengan cepat. Karena persediaan oksigen sangat  terbatas.  

Ada yang bertanya, mengapa ABK  tak keluar kapal saja? Jawabannya: itu mungkin saja dilakukan. Namanya metode' Escape': keluar melalui toning kapal. Tapi ini masih dimungkinkan jika posisi kapal selam di kedalaman 100 meter. 
Namun jika posisi kapal selam lebih dari 100 meter, maka tiindakan ini tentunya  sangat  berbahaya dan beresiko. Karena tekanan lingkungan bawah air,  sangat tinggi. 
Akibatnya, resiko dekompresi menjadi sangat besar. 
Selain itu, apakah ada peralatan penyelaman dalam kondisi darurat ? Bagaimana kalau ada di tempat lain dan lokasi itu kini tak bisa dimasuki: terisolasi? 

Sungguh, ini bukan.persoalan ringan. 

Aku takkan lagi melanjutkan bahasan ini.
Masih ada beban sangat berat menyesakkan dada.  Namun doa kulangitkan dari hati  penuh kesungguhan, disertai  harapan  adanya  keajaiban Tuhan. 

Sehingga atas ijin Alloh Subhanahuwataala, semua awak Nanggala 402 selamat. 

Sungguh, rasa hormat sesama prajurit kuwujudkan dengan menyatakan, bahwa menjadi awak kapal selam adalah kebanggaan. Karena hanya prajurit pilihan yang tangguh,kuat dan hebat saja, yang dapat terpilih sebagai awak kapal selam TNI AL. 

Sesuai motto : Tabah Sampai Akhir,  menunjukkan bahwa mereka adalah kumpulan  para pemberani yang mampu melakukan hal hal yang luar biasa. 

Dan, mereka semua pasti melakukan yang terbaik , demi tegaknya kehormatan NKRI.

Doa dan hormatku untuk seluruh ABK Nanggala 402. ABK yang hebat!.
Alloh Taala pasti akan menerima pengabdian terbaikmu. TABAH SAMPAI AKHIR.

Allohumma Sholli wassallim 'Ala Sayyidina Muhammad. 

MARI TERUS KITA PERKUAT DOA UNTUK ABK NANGGALA 402 YANG GAGAH BERANI.
AL FATIHAH. 

Menjelang sahur, 11 Ramadhan 1442H/ 23 April 2021

Hisnindarsyah- dokterGeJe

#prayfornanggala402
#edisicopasmodifikasi



2Comments

  1. Selamat Jalanpara Satria Nusantara....kami bangga dg semangat juang dan dedikasi mengawal NKRI tercinta

    Beristirahatlah di alam kesunyian sambil mengawal segara biru yg indah di persada Indonesia

    Bravo Prakurit terbaik bangsa

    ReplyDelete
  2. Doa dari kami untuk para pengawal NKRI , dan doa untuk para keluarganya, Alfatihah

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post