name='rating'/> HBO Terapi : Keajaiban yang tersimpan
Kita sekarang ngobrol sedikit tentang terapi HBO ( Terapi  Oksigen Hiperbarik)

Apa itu terapi HBO? Di googling saja.

Tapi buat tenaga medis seperti diriku, 
Terapi HBO adalah jawaban dari berbagai permasalahan kesehatan yang tidak bisa di jawab oleh dunia kedokteran konvensional.

Memang konsepnya tidak lazim. Yaitu melarutkan oksigen kedalam plasma darah, melalui berbagai mukosa. Termasuk melalui kulit yang terbuka atau trauma luka terbuka.

Dari plasma darah yang beredar, terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida lewat proses difusi, tanpa melalui peranan paru.

Semua jaringan bisa mendapatkan surplus oksigen yang larut dalam plasma darah.
Dan itu terjadi, tanpa peranan hemoglobin/sel darah merah, 

Selain itu terjadi vasokontriksi atau penyempitan pembuluh darah yang sedang bervasodilatasi( melebar) . Sehingga menekan laju kaskade atau tahap proses  imunitas yang sedang berlangsung. 

Bermanfaaat juga pada proses angiogenesis yaitu pembentukan vaskuler/pembuluh darah baru. Sehingga peningkatan tekanan ini, membuat volume jaringan mengecil dan akhirnya terlarut. 
Ini membantu proses pelarutan koagulan yang menjadi sumbatan atau emboli  pada kasus sumbatan seperti stroke iskemik dan penyempitan pembuluh darah jantung.

Selain itu mengaktifkan  Stem Cell pada semua organ tubuh. Stem Cell otak akan menggantikan sel otak yang rusak/apoptosis( kematian sel) 

Namun ada hal hal yang perlu diperhatikan pada pemanfaatan terapi HBO untuk proses healing .

1. Ketersediaan mitokondria yang cukup untuk menampung limpahan oksigen pada terapi HBO. Mitokondria ini yang bisa memanfaatkan oksigen untuk menghasilkan ATP atau satuan energi terkecil ini. Oleh karena itu , dibutuhkan Mitokondria yang sehat dan banyak. Caranya melalui PUASA agar terjadi mitofagi dan regenerasi mitokondria yang sehat.

Sehingga  pemanfaatan HBO terapi saat puasa, tidak menjadi masalah. Malah lebih baik, sehingga proses pembentukan mitokondria untuk menangkap oksigen yang  berlimpah, meningkat. 

2. Ketersediaan antioksidan. Tujuannya, untuk menangkap radikal bebas yang dapat terjadi karena okdigen yang berlimpah.

Apakah tubuh kita mempunyai cadangan antioksidan yang mencukupi? 
Apakah tubuh kita masih menyimpan cukup antioksidan? 
Atau malah sudah habis karena stress, kurang istirahat, pola makan junk food dan minuman berkarbonasi tinggi? Atau tubuh kita kekurangan vitamin D3, yang dibutuhkan unruk mengaktifkan gen gen antioksidan ini.

3. Ada proses yang disebut  Senescence sel.  Tahapan pada siklus sel dimana sel tidak lagi bertumbuh namun juga tidak alami kematian sel. Senescence sering dikaitkan dengan penuaan dini. Salah satu mekanisme penghambatan senescence adalah melalui pencegahan radikal bebas dengan agen antioksidan.

Dan itu bisa terjadi pada Stem Cell. 

Mengapa? Karena pola hidup kita terbiasa toksik alias beracun. Sehingga radikal bebas terbentuk tanpa kendali. Akibatnya sel sel tubuh termasuk stem sel akan menua dengan lebih cepat. 
Jika sudah alami Senescence Cell, tidak mungkin lagi ada penggantian sel. 

Disini peranan  Terapi HBO karena dapat  memberi efek maksimal. Dengan catatan, kita tetap menjaga pola hidup yang sehat. 

Dijaman serba junk food, udara terpolusi, air terkontaminasi, menghindari  toksin dari benda bertoksik adalah keniscayaan. 

Dihindari saja masih terpapar, apalagi jika kita abai dan cuek. 

Memang  terapi HBO   tidak bisa mengembalikan jaringan parut menjadi organ baru. Tapi bisa mencegah parut.
Karena fungsi terapi HBO akan maksimal pada jejas atau trauma yang menyebabkan luka, bila dilakukan SEDINI mungkin. Sehingga mencegah terbentuknya  jaringan parut, terutama pada kasus akut.

Pada kasus kronis,  Terapi HBO dapat  membantu, meskipun tidak optimal. Tentunya dengan pola terapi HBO yang lebih kontinyu.  

Termasuk mengubah gaya hidup. 

Terapi HBO bukan sekedar menjadi terapi tambahan yang mengubah  gaya hidup . Agar menjadi lebih disiplin dan 'aware' alias peduli.

Tapi juga terapi bagi mereka yang " Kakehan polah" alias kebanyakan gaya. Sehingga tidak waspada akan banyaknya toksik disekitar kita.

Selamat memasuki ramadhan hari ke3.
Melaksanakan proses Autophagi yang sehat dan berkah.

Terimakasih dr Agni B Sugiyatmo , untuk sharingnya.

Mari manfaatkan Terapi HBO.
RSAL MIDIYATO S Tanjung Pinang, siap melayani.

Bumi Gurindam, 15.04.2021 00.15.

Hisnindarsyah 
Dokter Hiperbarik produk lokal
Penghobi traveling interlokal


0Comments

Previous Post Next Post