name='rating'/> Doa Menyembelih Hewan Kurban
pemotongan hewan kurban yaitu bagian dari ibadah yang amat direkomendasikan. buat mencukupi ibadah itu, kita direkomendasikan guna bertafakur kala pemotongan hewan kurban. diambil dari NU Online yang ditulis Ustad Alhafiz Kurniawan, inilah mantra yang dibaca selintas saat sebelum hewan kurban kita disembelih. jampi ini dibaca dengan tujuan Allah menerima ibadah kurban kita.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Doa ini kita jumpai antara lain di buku Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam kreasi Sayid Utsman bin Yahya ataupun Tausyih versi Ibni Qasim kreasi Syekh M Nawawi bin Umar Banten. akan tetapi begitu  memiliki beberapa doa yang diusulkan tengah kita mengambil ancang-ancang guna mendebah hewan kurban. perihal ini ditunjukkan oleh Syekh M Nawawi Banten dversim Tausyih ala Ibni Qasim. Menurutnya, saat sebelum kita menjelangkan hewan kurban ke kiblat serta sedia menggoreskan senjata tajam, kita diusulkan membaca bismillâh, utuh serta sempurnanya bismillâhir rahmânir rahîm. sesudah itu kita diusulkan membaca sholawat guna Rasulullah SAW, bertakbir 3 kali. sesudah menghadap kiblat serta selintas saat sebelum mendebah, kita diusulkan membaca doa mendebah serupa di atas. selanjutnya ini kita urutkan pustaka doanya.

1. Baca “Bismillâh”
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”


2. Baca shalawat untuk Rasulullah SAW اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd

4. Baca doa menyembelih اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Ada pula takbir pada poin ketiga dapat pula dibaca saat sebelum bismillah pada poin awal. Demikian doa yang disarankan dalam rangkaian upacara penyembelihan hewan kurban. Penjelasan ini dapat ditemui antara lain di buku Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh Meter Nawawi Banten. Wallahu a‘ lam.
 
by : admin sumber : NU online


0Comments

Previous Post Next Post