name='rating'/> Pantangan Makanan Penyakit Jantung, yang Wajib Diketahui!
Pantangan makanan penyakit jantung, tentu saja menjadi hal yang sangat penting untuk kita perhatikan. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung sejak lama.

Penyakit jantung ini dapat menyerang siapa saja, baik orang yang sudah lanjut usia hingga usia muda sekalipun. Salah satu penyebabnya yaitu pola hidup yang kurang sehat.

Misalnya saja, konsumsi makanan tidak sehat dalam jumlah yang cukup banyak, kurangnya aktivitas olahraga, dan lain sebagainya.

Penyakit jantung yang sering kali menyerang adalah penyakit jantung koroner. Awal mulanya, penyebab penyakit jantung koroner ini adalah penumpukan lemak, terutama pada dinding bagian dalam pembuluh darah jantung.

Kemudian seiring berjalannya waktu dan usia, penumpukan lemak tersebut akan diikuti oleh berbagai macam proses lainnya. Seperti halnya pembekuan darah, penimbunan jaringan ikat, hingga perkapuran.

Pantangan Makanan Penyakit Jantung

Kasus meninggal dunia akibat penyakit jantung sudah marak kita temukan. Bahkan dalam dunia kemiliteran sekalipun.

Banyak berita yang mengabarkan, sejumlah tentara gugur karena terkena penyakit jantung. Tentu saja hal ini tidak dapat kita pandang sebelah mata.

Seperti yang kita tahu, memiliki tugas negara yang sangat besar. Terutama yang berkaitan dengan peran mereka sebagai pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baik itu prajurit TNI AD, TNI AL, dan juga TNI AU, merupakan pembela negara kita. Maka dari itulah, mereka selalu mendapatkan tuntutan untuk selalu berada pada kondisi yang sehat dan juga prima.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu dan penambahan usia personel TNI ini pada akhirnya mereka juga mengalami kerentanan pada serangan penyakit. Salah satunya yakni penyakit jantung.

Mengingat penyakit jantung ini sulit untuk kita prediksi, ada baiknya terdapat upaya pencegahan yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut ini adalah pantangan makanan penyakit jantung harus selalu kita perhatikan. Tak ada salahnya kita juga membatasi jumlah makanan-makanan ini sebagai bentuk usaha kita untuk mencegah timbulnya penyakit jantung tersebut.

Daging Merah

Terdapat berbagai bentuk daging merah yang dapat kita temukan. Mulai dari daging kambing, sapi, hingga babi.

Daging merah ini mempunyai kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Ketika anda mengkonsumsi daging merah ini dalam jumlah yang berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.

Bukan hanya itu saja, olahan makanan yang berasal dari daging merah seperti bacon, sosis, hingga daging burger pun, ada baiknya juga untuk kita hindari. Pasalnya, tidak hanya lemak jenuh dan kandungan kolesterolnya saja yang tinggi, akan tetapi juga kandungan garamnya.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dalam jumlah yang besar, maka akan lebih berisiko terserang penyakit hipertensi. Maka dari itulah, daging merah ini menjadi salah satu makanan pantangan.

Keju

Pantangan makanan penyakit jantung lainnya yang harus kita hindari adalah keju. Seperti halnya daging merah, keju ini juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

Sehingga, bagi para penderita penyakit jantung akan sangat berbahaya apabila mengkonsumsi keju maupun makanan lainnya yang mengandung keju. Membatasi konsumsi keju juga menjadi upaya kita dalam menerapkan pola makan sehat agar tidak terserang penyakit jantung.

Mayonaise dan Margarin

Salah satu pantangan makanan penyakit jantung yang wajib untuk kita hindari adalah mayonaise dan juga margarin. Seperti yang kita tahu bahwa mayonaise ini sering kita tambahkan dalam masakan sebagai salah satu penyedap rasa.

Akan tetapi, meskipun memiliki rasa yang enak, mayonaise dan margarin ini tidak baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit jantung. Apalagi, margarin sendiri memiliki kandungan lemak trans.

Sehingga dapat berisiko meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah. Dengan demikian, dapat memperburuk kondisi maupun kesehatan jantung kita.

Namun, anda tidak perlu merasa khawatir, karena mayonaise maupun margarin ini dapat kita ganti dengan yang lainnya. Seperti halnya yoghurt yang rendah lemak tanpa rasa sebagai topping salad.

Atau anda juga dapat menggunakan minyak zaitun, tentunya dengan jumlah yang tetap terbatas. Jika anda mempertanyakan soal rasa, maka tenang saja karena rasanya tak kalah nikmat.

Makanan Cepat Saji

Meskipun terbilang simpel dan praktis, akan tetapi makanan cepat saji ini juga memberikan risiko pada penderita penyakit jantung. Sehingga juga menjadi salah satu pantangan makanan penyakit jantung yang harus kita hindari.

Salah satu makanan cepat saji yang sering kita temui adalah pizza. Pizza ini mengandung lemak, sodium, dan juga kalori tinggi. Sehingga sangat berbahaya bagi kondisi maupun kesehatan jantung.

Contoh makanan cepat saji lainnya adalah mie instan. Mie instan ini juga tak kalah berbahaya, karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Selain itu, juga memiliki beban glikemik yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

Itulah tadi pantangan makanan penyakit jantung yang harus selalu kita perhatikan. Dengan memulai pola hidup sehat dan menghindari pantangan makanan tersebut secara baik, maka kesehatan jantung kita dapat selalu terjaga. 

0Comments

Previous Post Next Post